Apa itu Diabetes?

Ilustrasi cek diabetes melalui tes darah.
Ilustrasi cek diabetes melalui tes darah.

Masagi Obat Herbal Diabetes – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh mekanisme tubuh yang mengalami kelebihan gula darah (hiperglikemia) karena ketidaknormalan pada insulin. Hiperglikemia yang kronis dapat berhubungan dengan kerusakan, tidak berfungsi dan kegagalan beberapa organ terutama mata, ginjal, saraf, jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penyakit dapat menunjang dalam pertumbuhan penyakit diabetes, hal ini dengan cara menghancurkan sel-sel beta pankreas yang mengakibatkan insulin menjadi tidak normal dan hasil kerja dari insulin menjadi tidak efektif dan efisien.

Gejala dari hiperglikemia termasuk polyuria (buang air kecil berlebihan), polydipsia (sering merasa haus), kurangnya berat badan dan kadang mengalami polyphagia (nafsu makan yang berlebihan) serta penglihatan yang kurang tajam. Kerusakan atau infeksi organ juga dapat memperparah hiperglikemia.

Komplikasi jangka panjang dari diabetes antara lain retina mengalami kekurangan fungsi kerjanya, nefropati (kelainan fungsi ginjal), neuropati perifer (kelainan saraf) dengan resiko borok pada kaki, amputasi, sendi kaki, muntaber, gangguan kardiovaskular serta disfungsi organ seksual. Pasien dengan diabetes beresiko mengalami  penyempitan pembuluh darah (atherosclerotic), penyumbatan arteri perifer (arteri perifer) dan cerebrovascular.

Jenis Diabetes

Sebagian besar kasus diabetes terbagi menjadi beberapa kategori. Yang pertama adalah diabetes tipe 1, penyebab dari diabetes tipe 1 adalah inefesiensi sekresi insulin. Seseorang memiliki resiko yang tinggi untuk terkena diabetes ini biasanya ditandai dari pengecekan sel-sel antibodi yang ada di pankreas.

Kemudian kategori yang selanjutnya adalah diabetes tipe 2, penyebabnya adalah kombinasi  resistensi insulin (ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin) dan respon insulin terhadap sel reseptor yang tidak memadai.

Baca lagi: Penyebab Diabetes Mellitus

Kemudian kategori yang terakhir, tingkat dari hiperglikemia dapat menyebabkan perubahan patologis dan fungsi dari beberapa organ namun tanpa ada gejala klinis, hal ini berlangsung dalam periode yang lama sebelum terdeteksi diabetes. Dalam periode ini, ini memungkinkan untuk dilakukannya tes untuk mengukur ketidaknormalan pada metabolism karbohidrat dengan cara mengukur plasma glukosa dalam keadaan puasa dan setelah puasa.

Tingkat dari hiperglikemia dapat berubah sepanjang waktu, tergantung pada penyakit dasar yang dibawanya. Penyakit dasarnya ada yang bisa dan ada yang tidak bisa membuat hiperglikemia.  Beberapa orang dengan diabeters, dapat mengontrol kandungan gula dengan mengurangi berat badan, olahraga atau menggunakan obat penurun gula.

Dalam hal ini, orang-orang tersebut tidak memerlukan insulin. Namun di beberapa orang lainnya, memerlukan insulin dari luar agar kandungan dapat dikendalikan. Seseorang dengan rusaknya sel beta yang luas dan tidak ada residu insulin membutuhkan insulin dari luar untuk bertahan hidup.

Tingkat keparahannya dapat naik, turun atau tetap sama. Dengan demikian, tingkat hiperglikimia mencerminkan tingkat keparahan metabolisme dan dijadikan proses pengobatan.

Perlu anda ketahui: Obat Herbal Diabetes Masagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *