Kulit Menghitam karena Diabetes – Masagi Obat Herbal Diabetes

Obat Diabetes Alami Masagi РSalah satu ciri-ciri orang terkena diabetes adalah bagian kulit memiliki warna yang menghitam, namun hal ini hanya terdapat di beberapa bagian tubuh. Hal ini disebut Acanthosis Nigricans. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apa hubungannya dengan diabetes? Silakan simak artikel di bawah ini.

Apa yang dimaksud Acanthosis Nigricans?

Acanthosis Nigricans adalah kelainan pigmentasi pada kulit, tanda yang paling jelas ketika anda memiliki kelainan ini adalah bercak gelap pada beberapa bagian kulit dengan tekstur yang tebal dan lembut. Area yang memiliki bercak ini juga kadang terasa gatal atau berbau.

Tanda ini bisa muncul di lipatan kulit atau area lainnya, seperti:

  • Ketiak;
  • Paha;
  • Leher
  • Siku;
  • Lutut;
  • Jari;
  • Bibir;
  • Telapak tangan.
kulit menghitam diabetes
Leher menghitam.

Tanda kehitaman seperti ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius seperti pradiabetes. Cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah menemukan akar masalahnya dan mengobati lebih dini. Ketika akar masalahnya sudah bisa diobati, maka tanda hitam akan menghilang dengan sendirinya.

Siapa yang Beresiko Terkena Acanthosis Nigricans?

Gejala ini bisa terkena oleh siapapun baik laki-laki maupun perempuan. Namun, ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang obesitas, memiliki kulit yang lebih gelap, diabetes atau dalam tahap pradiabetes. Anak kecil yang memiliki acanthosis nigricans memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2.

kulit menghitam diabetes
Ketiak menghitam.

Tingkat resiko untuk terkena acanthosis nigricans pada setiap kelompok etnis berbeda-beda. Menurut American Academy of Dermatology, orang-orang Afirika, Karibia atau Hispanic memiliki resiko yang lebih tinggi. Sedangkan pada etnis yang lainnya memiliki resiko yang sama jika indeks massa tubuhnya berada di atas normal.

Baca lebih lanjut: Apa itu Diabetes?

Apa yang Menyebabkan Acanthosis Nigricans?

Gejala ini muncul ketika sel-sel pada epidermis kulit mulai berkembang dengan cepat. Pertumbuhan atau perkembangan sel ini diakibatkan oleh tingginya kadar insulin pada seseorang, selain itu juga karena pengobatan dan kanker namun kedua hal itu jarang terjadi.

Terlalu Banyak Insulin

Penyebab utama munculnya bercak hitam pada kulit adalah terlalu banyak insulin pada aliran darah. Ketika anda makan, tubuh anda mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa. Beberapa dari glukosa ini akan dijadikan menjadi energi pada sel sedangkan sisanya akan menjadi cadangan energi. Insulin diperlukan agar glukosa dapat masuk ke dalam sel agar bisa digunakan sebagai energi.

Orang-orang dengan obesitas cenderung memiliki resisten insulin. Meskipun pankreas bisa memproduksi insulin, tetapi tubuh tidak dapat menggunakan sebagaimana mestinya. Hal ini membuat glukosa menjadi meningkat, yang hasilnya kadar gula dan insulin menjadi meningkat di dalam aliran darah.

Insulin yang berlebih mengakibatkan sel pada kulit bereproduksi lebih banyak, pada seseorang yang memiliki kulit hitam, sel yang baru memiliki melanin yang lebih banyak. Meningkatnya melanin menyebabkan kulit menjadi lebih menghitam dari kulit di sekitarnya.

Oleh karena itu, munculnya bercak hitam pada kulit dapat menjadi prediksi kuat dalam munculnya diabetes. Jika banyaknya insulin menjadi penyebabnya, maka solusinya dapat dihilangkan dengan diet yang cocok, olahraga dan kontrol kadar gula dalam darah.

Konsumsi Obat

Acanthosis Nigricans juga dapat disebabkan oleh beberapa obat-obatan seperti pil KB, obat penumbuh hormon, dan obat tiroid. Semua obat tersebut dapat meningkatkan tingkat insulin. Obat-obatan tersebut memiliki efek samping, dan dalam banyak kasus ketika konsumsi obat-obatan ini dihentikan maka bercak hitam akan menghilang.

Penyebab lainnya dari acanthosis nigricans bisa disebabkan dari kanker lambung, penyakit Addison, kadar hormon tiroid yang menurun dan dosis vitamin B3 yang tinggi.

Bagaimana Diagnosis dari Acanthosis Nigricans?

Jenis gejala ini mudah untuk dikenali hanya dengan melihat permukaan kulit saja. Biasanya dokter akan melakukan pengecekan kadar gula darah untuk melihat apakah ini disebabkan oleh diabetes atau bukan.

Selain itu, pemeriksaan lainnya seperti biopsi kulit diperlukan untuk melihat penyebab lainnya.

Bagaimana Pengobatan Acanthosis Nigricans?

Acanthosis Nigricans bukanlah penyakit, ini merupakan gejala terhadap suatu kondisi yang perlu pertolongan medis. Biasanya pengobatannya berfokus pada sumber yang menyebabkan kulit menjadi menghitam.

Jika anda obesitas, maka anda disarankan untuk menurunkan berat badan. Selain itu perlu mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan kadar gula darah anda.

Jika kondisi ini disebabkan konsumsi obat-obatan, maka dokter akan menghentikan atau mengganti dengan obat yang lain. Ketika sumbernya sudah diatasi, maka kulit yang menghitam tersebut akan hilang dan kembali normal.

Jika anda terganggu secara penampilan karena kulit yang menghitam, maka ada perawatan yang dapat mengobati hal tersebut, seperti berikut ini:

  • Pencerah kulit, seperti Retin-A, salicylic acid, alpha hydroxy acid.
  • Sabun antibakteri.
  • Terapi laser.

Pengobatan tersebut dapat memperbaiki penampilan atau munculnya kulit menghitam namun tidak memperbaiki kondisi penyakit tersebut.

Baca lebih lanjut: 7 Obat Herbal untuk Diabetes

Cara Mencegah Acanthosis Nigricans

Melakukan pola hidup yang sehat dapat mencegah acanthosis nigricans. Menurunkan berat badan, melakukan diet dan menyesuaikan jenis obat yang digunakan dapat berkontribusi untuk mencegah penyakit ini. Selain itu pola hidup sehat dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit lainnya.

Masagi untuk menghilangkan kehitaman, apakah bisa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *